Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Deskripsi Video Youtube terhadap Kemandirian Pembelajaran Daring Matematika Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Dia Prima Juwita (Universitas Tanjungpura, Pontianak,)
Irsandi Kusuma (Universitas Tanjungpura, Pontianak,)
Yesaya Umeng (Universitas Tanjungpura, Pontianak,)
Ahmad Yani T (Universitas Tanjungpura, Pontianak,)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah melanda dunia termasuk Indonesia dan sangat berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dunia pendidikan. sehingga Pembelajaran tatap muka di dalam kelas, terpaksa harus diubah menjadi pembelajaran daring atau online menggunakan media yaitu youtube sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penulis sebagai guru matematika sekolah dasar membuat penelitian yang berjudul, “deskripsi video youtube terhadap kemandirian pembelajaran daring matematika sekolah dasar di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari video youtube terhadap pembelajaran matematika sekolah dasar di masa pandemi. Penelitian ini Merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner. Dalam penelitian ini terdapat 40 sampel. Dengan teknik analisis data deskriptif yang menunjukkan hasil video youtube efektif dalam pembelajaran daring di masa pandemi serta youtube lebih menarik dan waktu belajar peserta didik lebih fleksibel. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menggunakan media youtube dalam pembelajaran matematika daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...