Dalam kehidupan sehari-hari, “tanda” tidak akan luput dari penglihatan masyarakat, setiap orang akan mempunyai persepsi masing-masing terhadap “tanda”. “Tanda’ tersebut dapat berupa gambar, lambang, foto, ataupun simbol di berbagai media. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam gambar iklan fesyen dalam majalah wanita Cosmopolitan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Tiga buah gambar iklan fesyen dari Majalah Cosmopolitan dianalisis menggunakan model interaktif. Selain itu, rhetoric image digunakan untuk mencari pesan linguistik, pesan konotasi dan pesan denotasi yang terkandung dalam gambar iklan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk memahami makna pada gambar iklan, pembaca harus mempunyai persepsi retorika visual yang baik dan harus jeli terhadap unsur-unsur yang terkandung dalam gambar iklan, yaitu unsur visual dan unsur linguistik.
Copyrights © 2022