Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Upaya Meningkatkan Keterampilan Merangkai Bunga Artifisial melalui Model Direct Instruction bagi Peserta Didik Tunagrahita Kategori Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX SLB Bina Bangsa Padang)

Nadia Safira (Universitas Negeri Padang)
Irdamurni Irdamurni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Kajian ini membahas tentang upaya dalam meningkatkan keterampilan merangkai bunga artifisial bagi peserta didik tunagrahita kategori ringan melalui model direct instruction. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian dilaksanakan yaitu pada kelas IX di Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa. Masalah yang mendasar dilaksanakan penelitian ini ialah adanya penurunan nilai pada peserta didik terhadap mata pelajaran keterampilan vokasional merangkai bunga artifisial, sehingga nilai berada di bawah rata-rata KKM yaitu 60. Peserta didik kurang terampil dalam merangkai dan menghias bunga tersebut. Penelitian tindakan kelas mempunyai dua siklus, menunjukkan bahwa nilai B 72% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Peserta didik D mendapat nilai 75% pada siklus I dan 81% di siklus II. Sesuai data yang diperoleh, kesimpulan dari keterampilan merangkai bunga artifisial mengalami peningkatan yang signifikan melalui model direct instruction.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...