EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Analisis Pembelajaran Daring pada Tingkat Sekolah Menengah Atas Selama Masa Pandemi Covid-19

Ulfia Perdani (SMAN 1 Rakit Kulim, Indonesia)
Dias Setyawan (Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran daring dilaksanakan secara keseluruhan pada tingkatan pendidikan di Indonesia ketika terjadi wabah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring di tingkat sekolah menengah atas selama masa pandemi Covid-19 berdasarkan perspektif guru. Sampel penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar pada tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dari informan yakni guru dengan menggunakan angket yang disebarkan melalui Google Forms. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru memiliki perangkat untuk pembelajaran daring (100%), perangkat yang banyak digunakan laptop dan smartphone (90,09%), media yang digunakan aplikasi Whatsapp (90,09%)  dan aplikasi Google Meet (45,5%), kemudian kendala terbesar yang dialami oleh guru adalah siswa tidak memiliki smartphone (84,8%) dan permasalahan jaringan internet (78,8%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...