Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Ketahanan Belajar Anak di Desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan

Lutfiah Noer Anisa Raoyani (Universitas Negeri Surabaya)
Maya Mustika Kartika Sari (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Pada anak yang mengalami masalah kesulitan belajar strategi orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah orang tua yang anaknya mengalami masalah kesulitan belajar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi. Hasil data dan analisisnya menunjukan bahwa terdapat tiga strategi orang tua dalam meningkatkan ketahanan belajar anak yang pertama yaitu mensupport proses belajar anak yang dilakukan dengan cara mengajari anak belajar, meminta tolong kepada orang lain untuk mengajari anak belajar dan mengantar jemput anak yang jarak sekolahnya lumayan jauh. Kedua memotivasi dengan nasihat yang diberikan pada saat anak malas belajar agar dapat disiplin belajar, menasihati anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya serta menasihati anak supaya tidak kecanduan bermain games dan tiktok. Ketiga yaitu memberikan dukungan materi yang dilakukan dengan cara memenuhi apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anak dalam menunjang proses belajarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...