Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Gaya Kognitif Field Dependent (FD) dan Gaya Kognitif Independent (FI) MahasiswaTerhadap Perolehan Belajar Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado

Sri Purwaningsih Siswanto (Universitas Negeri Manado)
Listriyanti Palangda (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan perolehan belajar antara mahasiswa yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) dan mahasiswa yang bergaya kognitif Field Independent (FI), sekaligus ingin melihat mana yang lebih unggul. Penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa semester IV Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi, korelasi dan analisis perbedaan nilai rata-rata dengan menggunakan tes“t”. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Gaya Kognitif Field Dependent dan Gaya Kognitif Field Independent terhadap Perolehan Belajar mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...