EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Kendala Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi pada Masa Pandemi Covid-19

Ossy Firstanti Wardany (Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia)
Heni Herlina (Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Perubahan situasi dalam masa pandemi Covid-19 menimbulkan sejumlah tantangan bagi guru, termasuk perubahan dari pembelajaran daring menjadi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami guru dalam memberikan pendidikan  bagi ABK di sekolah inklusi jenjang SD dan SMP di masa PTM Terbatas pada Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan metode survei dengan Google Form yang disebarkan melalui media sosial. Instrumen penelitian merupakan kuisioner yang terdiri dari pertanyaan mengenai latar belakang dan keadaan kelas responden, serta 30 pernyataan terkait kendala yang diukur dengan skala rating. Terdapat 130 responden guru yang mengisi kuisioner ini. Hasil penelitian menunjukkan  77% mengalami kendala membangun iklim kelas inklusif, 76% terkendala dalam evaluasi belajar,  65% terkendala pelaksanaan asesmen, perencanaan dan implementasi pembelajaran, 64% terkendala dalam berkolaborasi dengan orang tua dan guru lain, dan 54% terkendala menerapkan pola hidup bersih dan protokol kesehatan. Kendati menemui kendala, 90% responden mengaku teknologi komunikasi dan informasi membantu mereka dan 62% mengaku tetap bersemangat mengajar di situasi PTM-Terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PTM-T menimbulkan sejumlah kendala bagi guru di sekolah inklusi dalam memberikan layanan bagi ABK. Guru diharapkan adaptif, fleksibel, bermotivasi tinggi, serta kreatif dan inovatif dalam memberikan layanan pendidikan inklusi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...