Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6

Emilia Girsang (Universitas HKBP Nommensen)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Hipotesis penelitian ini ada 2 yaitu (1) Hipotesis alternative (Ha), ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema energi alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6 dan (2) Hipotesis nol (H0), tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema energi alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design yang menggunakan desain “one group pretest-posttest design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) teknik observasi dan teknik dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,77 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...