Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara tingkat penguasaan bahasa Inggris dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 1 SMA, serta seberapa besar hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang di gunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data dengan cara pengetesan dan studi dokumenter. Analisis data secara statistik meliputi analisis deskriptif, analisis persyaratan data dan pengujian hipotesis menggunakan uji r dengan rumus korelasi product moment dan analisis regresi, menghasilkan r hitung sebesar 0,9579 > 0, berarti ada hubungan positif antara kedua variabel. Nilai rhitung sebesar 0,9579 lebih besar dari rtabel untuk n = 40 pada angka kritis 0,05, yaitu sebesar 0,323, menunjukkan adanya korelasi yang sangat signifikan dengan yang di yunjukkan oleh nilai r2 sebesar 95,79%, artinya sebesar 95,79% prestasi belajar matematika siswa dipengauhi oleh kemampuan penguasaan bahasa Inggris, sedangkan 4,21% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis regresi dari pengaruh penguasaan bahasa Inggris terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMA 1 Barunawati, adalah Y = 4,28 +0,92X, arti persamaan tersebut adalah bahwa setiap perubahan 1 poin dari nilai X akan memberikan perubahan 0,92 bagi Y, dengan harga a konstan.
Copyrights © 2022