Ujian Nasional adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan. Penghapusan Ujian Nasional tentu membawa dampak yang amat besar bagi kegiatan pembelajaran disekolah salah aspek yang terdampak adalah perubahan semangat belajar matematika siswa. Tujuan pembuatan tulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh dihilangkannya Ujian Nasional terhadap semangat belajar matematika siswa di SMPN 108 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 108 Jakarta. Sampel yang pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 108 Jakarta yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dua angket yang menjelaskan perbedaan semangat belajar sebelum dan sesudah penghapusan Ujian Nasional. Hasil penelitian ini adalah terjadi rerata penurunan semangat belajar matematika sebesar 12,298%. Penurunan semangat belajar tertinggi berdasarkan sepuluh kriteia yang dberikan terjadi pada kriteria ketenunan belajar matematika siswa yaitu sebesar 26,74%.
Copyrights © 2022