INTELEKTIUM
Vol 3 No 2 (2022): INTELEKTIUM

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangkaian Listrik melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Munjul 01 Jakarta Timur

Bety Novita Sari (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya dilatarbelakangi adanya temuan dari hasil pembelajaran IPA untuk materi rangkaian listrik siswa kelas VI Q f Kramat Jati 02 Pagi masih perlu ditingkatkan (persentase ketuntasan 34,5%). Berdasarkan hal tersebut, penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menggirkkan model pembelajaran discovery learning sebanyak 2 siklus. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran IPA materi rangkaian listrik siswa kelas VI dengan model discovery learning. Sup penelitian adalah siswa kelas VI SDN Munjul 01 yang berjumlah 29 siswa. Kondisi awal sebelum adanycalalcsanaan tindakan, nilai rata-rata dari siswa 67,58 (persentase ketullisan 34,5%), siklus I nilai rata-rata siswa 68,62 (persentase ketuntasan 48,3%), dan siklus 2 nilai rata-rata Dwa meninglcat menjadi 72,24 (persentase ketuntasan 82,8%). Dengan demikian, dapat disimpullcan bahwa penerapan discovery learning pada pembelajaran IPA materi ongkaian listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intelektium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Intelektium adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Intelektium adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang pendidikan. Diharapkan Intelektium dapat menjadi media bagi akademisi dan ...