Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Perkembangan Pribadi Siswa Dalam Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Endah Budiyati (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan karakter siswa dipengaruhi oleh pembelajaran matematika. penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kepribadian siswa SD kelas bawah ditinjau dari pengetahuan, perasaan, dan tindakan moralnya selama dan setelah mengikuti pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif evaluatif dengan pendekatan gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan desain penelitian evaluatif. Studi ini menemukan bahwa siswa kelas bawah di SDS Budi Harapan Jakarta Timur telah berkembang dengan baik. Kajian penelitian ini menemukan bahwa perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesiapan guru dalam mengajar, antara lain penguasaan materi pembelajaran matematika, penyusunan RPP Matematika Berkarakter, dan kemampuan mengaitkan materi yang diajarkan dengan metode yang lebih variatif dan menarik dalam pembelajaran matematika. Perlu adanya perbaikan baik dalam upaya pengelolaan kelas yang baik maupun peningkatan penggunaan tugas dalam bentuk kelompok belajar dengan metode yang lebih variatif dan menarik oleh guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...