Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar

Fitri Kristina Pakpahan (Universitas HKBP Nommensen)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (MPBI) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema Organ Gerak Hewan di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Ada dua hipotesis penelitian ini yaitu ada pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sd Negeri 122350 Pematang Siantar (Ha) dan tidak ada pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar (Ho). Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain One Group Pretets Posttest Design. Populasi penelitian ini sebanyak 35 orang, yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang, maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah tes pilihan berganda sebanyak 27 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nila rata-rata Pretest yaitu 68,06 dan nilai rata-rata Posttest mereka yaitu 77,23 ini berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sesudah diberi perlakukan dari Model Problem Based Instruction (MPBI). Untuk mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Instruction (MPBI) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar, maka dilakukan uji hipotesis (uji t), dengan nilai taraf signifikansi 0,05 atau rtabel = 1,69 dengan nilai thitung = 8,57, sehingga diperoleh thitung > ttabel. Berdasarkan hasil hipotesis (uji t) tersebut diketahui ada pengaruh penerapan model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...