Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Program Pengemabangan Self Motivation Berbasis Teknologi Informasi Meningkatkan Kemampuan Memotivasi Diri ( Studi pada Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 2 Lubuk Basung)

Muhammad Nur Qalbi (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Helma Helma (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rahma Wira Nita (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa faktor salah satunya kemampuan self motivation. Tujuan penelitia ini adalah : (1) Untuk mengetahui self motivation peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. (2) Untuk mengetahui self motivation peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. (3) Untuk mengetahui efektivitas program pengembangan self motivation meningkatkan kemampuan memotivasi diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif, jenis penelitian eksperimen. Lokasi penelitian ini di SMA N 2 Lubuk Basung. Populasi adalah 122 peserta didik, sampel dalam penelitian ini mengunakan random sampling Sebanyak 62 orang. Teknik analisi data yang digunakan yaitu persentase dan uji Ancova. Hasil penelitian: 1) Tingkat self motivation sebelum diberikan perlakuan tergolong klasifikasi, E (kategori sangat rendah). 2) Tingkat self motivation setelah diberikan perlakuan mengalami perubahan terutaman pada kelompok eksperimen tergolog klasifikasi, C (kategori rendah). 3) Program pengembangan self motivation berbasis teknologi informasi tidak efektif secara signifikan meningkatkan kemampuan self motivation peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada. Guru BK untuk meninjau kembali bagi peserta didik yang memiliki self motivation yang rendah dan sangat rendah dan untuk peneliti selanjutnya meninjau kembali program yang sudah dibuat oleh peneliti sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...