Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pemberian Ice Breaking terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 124405 Kota Pematangsiantar

Indra Teja Kusuma (indratejakusuma3@gmail.com)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penelitian eksperimen ini betujuan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar pada siswa. Pada jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimen (eksperimen semu). Kemudian desain penelitian ini berbentuk One shot case study. Desain Penelitian ini sangat sederhana karena peneliti hanya satu kali melakukan perlakuan (treatment). Subjek penelitina ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri 124405 Pematangsiantar, dimana terdapat 11 siswa laki-laki dan juga terdapat 9 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa pada materi pembelajaran tematik di kelas V. Hal tersebut dilihat dari nilai dari hasil presentase angket pada pemberian ice breaking 90% siswa memiliki nilai yang sangat “baik” sedangkan sisanya 10% memiliki nilai dengan kategori “baik” dan pada pemberian angket minat belajar siswa, memiliki hasil presentase nilai 100%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa nilai t tabel 2,758 > t hitung 2,073 dan nilai sig 0,013< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H_o ditolak dan H_a diterima. Yang berarti bahwa pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas V SD Negeri 124405 Kota Pematangsiantar memiliki pengaruh yang signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...