EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Analisis Kebijakan Penelitian Uns Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH)

Bramastia Bramastia (Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)
Salman Alfatisy Totalia (Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)
Winny Swastike (Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Perubahan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) butuh implementasi dan rencana strategis mencapai UNS sebagai agen pentransfer kebudayaan, sains dan teknologi. Harapannya mendorong UNS berubah dari teaching university menjadi research university serta sebagai economic development agent. UNS sebagai PTNBH memposisikan penelitian bermigrasi melalui tiga hal utama, yaitu: 1) pergeseran terhadap kedudukan riset strategis dalam implementasi Tridharma; 2) skema pembiayaan strategis untuk riset terfokus; dan 3) sistem penjaminan mutu riset dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasi aktivitas penelitian UNS sebagai PTNBH butuh migrasi mencakup aspek peningkatan partisipasi, penguatan integritas akademik, dan penetapan ranah pengembangan dan sasaran inovasi riset strategis. Perlu model pengembangan kebijakan penelitian di UNS sebagai PTNBH efektif sesuai pedoman nasional Pendidikan Tinggi dan indikator World Class University. Metode Penelitian bersifat kualitatif. Lokasi penelitian di UNS Surakarta. Waktu penelitian selama enam bulan. Data yang diambil berupa keterangan atau informasi, baik lisan, tertulis maupun tindakan berkaitan kebijakan penelitian UNS sebagai PTNBH. Data utama dari kajian berupa wawancara responden serta dokumentasi lapangan. Data pendukung berupa dokumentasi kebijakan penelitian, berbagai karya ilmiah terkait, maupun data statistik yang terdokumentasi. Data utama digali dari responden /informan /narasumber terdiri dari mahasiswa, dosen dan pejabat program studi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...