Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Students’ Perspective In Learning Writing Recount Text Using Instagram

Maman Suryaman (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abdul Kodir Al-Baekani (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ika Rohaeni (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif siswa dalam menggunakan Instagram sebagai media menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan metode inkuiri naratif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil dua siswa kelas (IX) sebagai subjek. Peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada yang kesulitan dalam menulis bahasa Inggris karena penguasaan kosakata yang kurang, penggunaan aplikasi instagram dalam pembelajaran teks recount memberikan rasa senang. dan kenyamanan bagi siswa, pembelajaran teks recount menggunakan media instagram memudahkan responden untuk mengekspresikan diri dan membagikannya kepada teman virtualnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi siswa adalah masih adanya kesulitan dalam menulis bahasa Inggris. Disarankan kepada guru bahasa Inggris agar guru dapat menghafal kosakata berulang-ulang kepada siswa dan guru lebih kreatif lagi dalam meningkatkan metode pengajaran kosakata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...