Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian kelas eksperimen ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari dan sampel penelitian kelas kontrol ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 095216 Sukaramai. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji- t, dimana t hitung = 2,30 jika nilai signifikan (2- tailed) < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini nilai signifikasi (2-tailed)= 0.02. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 091597 Tegal Sari.
Copyrights © 2022