Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 2 Manusia dan Lingkungan pembelajaran 1,2 dan 3 di kelas V SD Negeri 124394 Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 124394 dengan jumlah kelas eksperimen 25 siswa dan jumlah kelas kontrol 23 siswa. Sebelum pre-test dan post-test dilaksanakan terlebih dahulu diujicobakan dahulu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan tabel paired sample test diketahui terdapat hasil perbandingan pre-test dan post-test kelompok eksperimen thitung (20.104). pada kelompok kontrol thitung (-10.297). Ada terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa jumlah populasi totalnya sebesar 48 sehingga ttabel adalah 2.010 dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga dari hasil uji t terdapat 20.104>2.010 bahwa thitung>ttabel ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan Ha dapat diterima.
Copyrights © 2022