Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 124394 Pematang Siantar

Citrayani Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Christa Voni Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 124394 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitungan analisis data diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 124394 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima. Yakni thitung sebesar 20,164 lebih besar dari pada ttabel yakni 2,011. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...