Abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Belajar Siswa Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Informan kunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam situs, analisis data tertata serta data tidaktertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Simpulan dari penelitian ini  adalah: Jika siswa ingin menjadi lulusan yang memiliki kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan yang baik dan siap bersaing di dunia kerja maupun masyarakat, maka siswa harus menjadi pembelajar yang efektif, memiliki sikap belajar yang positif dan meningkatkan pembelajaran seumur hidup Keywords: Teaching Fctory, Faktor, Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012