Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun

Ria Anjelina Manurung (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis korelasi dengan menggunakan sampel jenuh, dimana jumlah populasi sebanyak 53 siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jenis tertutup yang disusun secara terstruktur serta diikuti dengan kolom pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi regresi sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinan, uji (t) dan uji F. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian atau temuan dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang diketahui melalui uji (t) dengan jumlah thitung 0,487. Selanjutnya hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun yang diperoleh melalui uji F dengan nilai fhitung 12,162. Adapun jumlah pengaruh yang diberikan variabel bebas pola asuh orangtua terhadap variabel terikat minat belajar siswa adalah 0,193.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...