Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis korelasi dengan menggunakan sampel jenuh, dimana jumlah populasi sebanyak 53 siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jenis tertutup yang disusun secara terstruktur serta diikuti dengan kolom pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi regresi sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinan, uji (t) dan uji F. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian atau temuan dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang diketahui melalui uji (t) dengan jumlah thitung 0,487. Selanjutnya hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun yang diperoleh melalui uji F dengan nilai fhitung 12,162. Adapun jumlah pengaruh yang diberikan variabel bebas pola asuh orangtua terhadap variabel terikat minat belajar siswa adalah 0,193.
Copyrights © 2022