Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implikasi Tingkat pendidikan dan Pola asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak

Yennizar. N (Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari)
Didik Supriyanto (Universitas Islam Malang)
Natalia Sulistyo Veerman (SMA Kristen Gloria 2)
Yoga Tri Wijayanti (Poltekkes Tanjung Karang)
Revania Risang Ayu (Universitas Siliwangi)
Amalia Husna (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak dan upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu perkembangan sosial anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek observasi yang dipilih adalah Anak yang berusia 6 tahun (1 Responden) di Desa Koto Iman kecamatan Danau Kerinci. Dari hasil pengamatan, responden dirawat oleh neneknya yang berusia 65 tahun dan tingkat pendidikan yang rendah yaitu tamatan SD dengan menerapkan pola asuh demokratis. Responden memilki sikap yang mencerminkan perkembangan sosial yang baik, seperti mudah bergaul, peduli dan mau berbagi dengan orang lain, mandiri, percaya diri dan disukai oleh banyak orang. Jadi, walaupun tingkat pendidikan orang tua rendah tidak mempengaruhi orang tua dalam menentukan pola asuh Responden.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...