Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Tema 2 Subtema 2 Siswa Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran

Nurmaida Panggabean (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan model examples non examples terhadap hasil belajar Tema 2 Subtema 2 Siswa Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran examples non examples pada kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran dengan kelas pembelajaran konvensional pada kelas V di SD Negeri 098019 Simpang Panei. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas pertama kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Prosedur penelitian meliputi observasi, pelaksanaan tindakan, dan analisis data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran sebanyak 23 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 098019 Simpang Panei sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi perbedaan terhadap hasil belajar tematik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran examples non examples dan kelas kontrol pembelajaran konvensional tanpa menggunakan model examples non examples. Dimana kelas eksperimen nilai rata- rata hasil posttest lebih tinggi yakni 81,17 dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil posttest dari kelas kontrol yakni 74,50, dengan nilai rata-rata pretest 68,70 dari kelas eksperimen dan nilai rata-rata pretest 63,25 dari kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model examples non examples memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...