Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD Negeri 098019 Simpang Panei

Hotmaida Margaretha Sianipar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 098019 Simpang Panei. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganPre-Eksperimental Designbentuk One-Group Pretest-Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 098019 Simpang Panei, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test = 45 berada dalam kategori rendah dan nilai rata-rata post-test= 81 berada dalam kategori tinggi. Untuk mencari t tabel peneliti menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = N-1=15-1=14 maka diperoleh t 0,05 = 2,14Setelah diperoleh t hitung = 11,94 dan t tabel = 2,14 maka diperoleh t hitung ? t tabel atau 11,94?2,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media benda konkret berpengaruh terhadap hasil belajar siswa..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...