Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Siswa Tema 1 Subtema 2 di Kelas V SD N 091522 Marubun

Aldi Erwin Pardosi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet. N Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran tematik pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan memberikannya kreativitas guru kepada siswa tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena masalah yang dibawa berhubungan jelas dengan data penelitian berupa fakta yang dibuktikan melalui angka-angka serta fakta yang terjadi dilapangan melalui observasi dan analisis menggunakan ststistik. Populasi penelitian sebanyak 54 siswa. Sampel sebanyak 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru (X) dan prestasi siswa (Y). Metode pengumpulan data angket dan tes yaitu dengan quasi eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data angket kreativitas guru dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapat jumlah nilai 2398 dengan ratarata nilai 77,826 dan nilai tertinggi yang didapat 79 dan terendah 75. Untuk data hasi belajar pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapat jumlah nilai 2335, dengan rata-rata 80,33 dan nilai tertinggi yang didapatkan 95 dan terendah 70. Dari hasil hipotesis diperoleh nilai Fhitung senilai 10,041 dan nilai Ttabel senilai 3,169 dengan nilai signifikan 0,04<0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dengan prestasi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...