Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru di Kelas 1 SDN 124394 Pematang Siantar T.A.2022/2023

Mila Kristiani Sitepu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif karena media pembelajaran masih kurang bervariasi yang diterapkan oleh guru mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media kartu huruf berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan Eksperimen dengan Design penelitian Pre-experimental dengan Design Metode One Group Pre-Test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 124394 Pematangsiantar, Sampel penelitian ini sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni hasil uji thitung memperoleh nilai 21,977 dan ttabel adalah 2,05 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak maka kesimpulannya ini terdapat pengaruh media kartu huruf terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 aku dan teman baru di kelas 1 SD Negeri 124394 Pematangsiantar T.A 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...