Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas III SD Negeri 124394 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023

Nurhalimah Nurhalimah (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif karena model pembelajaran ceramah yang ditetapkam oleh guru mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajarn sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran pakem berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Experimmental Design Populasi dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yaitu One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 124394 Pematangsiantar yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t yang menggunakan paired sample test maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikan (sig2-tailed) sebesar 0,00<0,05 itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak maka kesimpulannya ini terdapat pengaruh model pembelajaran pakem terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas III 124394 Pematangsiantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...