Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan

Elsa Lasnida D.S Rumahorbo (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet. N Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan. Jumlah sampel sebanyak 44 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment), sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah statistika deskriptif dengan menghitung mean dan standar deviasi. Untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan, maka digunakan Uji Paired sample testIndependent sample testdan Uji Ngain. Dari hasil penelitian diperoleh penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621, hasil yang diperoleh mengenai pengaruh media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621 mencapai 59,09%, serta hasil rata-rata tes yang diperoleh mengenai pengaruh media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621 mengalami peningkatan hingga mencapai 30%. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...