Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Vol 3, No 2 (2022): JURNAL ILMIAH MATEMATIKA REALISTIK

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Khairunnisa Aqillamaba (Universitas Teknokrat Indonesia)
Nicky Dwi Puspaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa selama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto serta terdapat satu variabel bebas yakni kecerdasan emosional dan satu variabel terikat yakni hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 49 siswa dari kelas XII AK 1 2 di SMK Amal Bakti Jatimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, penyebaran kuesioner kecerdasan emosional dan data nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2023 yang diperoleh dari guru matematika yang bersangkutan. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMK Amal Bakti Jatimulyo kecerdasan dengan kategori rendah. Hal tersebut diperkuat dengan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika. Dari perolehan koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,562 dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika dengan kontribusi kecerdasan emosional terhadap tinggi-rendahnya hasil belajar matematika sebesar 31,6% dan 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.Kata Kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendidikanmatematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Relistik is a scientific journal published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of ...