Menulis adalah sebuah bentuk dari kemampuan dasar dalam menyampaikan pola bahasa dalam bentuk tulisan. Dnegan tulisan siswa dapat memahami lambang bunyi bahasa. Menulis permulaan menjadi salah satu materi pengajaran menulis di kelas I dan II karena dalam menulis permulaan lebih memfokuskan pengenalan penulisan huruf dan kedudukan ataufungsinya di dalam suatu kata dan kalimat. Pada tingkat permulaan, pembelajaran menulis lebih diorentasikan pada kemampuan yang bersifat mekanik. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaiman kesulitan menulis siswa kelas 1 SD Negeri Cibone 6 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa kesultian -kesulitan yang dialami siswa diantaranya : a. Siswa masih sulit dalam mengingat bentuk dan nama huruf b. Ukuran Huruf yang ditulis siswa belum rata c. Jarak spasi dalam menulis terlalu rapat d. Waktu yang diperlukan untuk menulis terlalu lama e. Ketika penyebutan huruf apa siswa banyak salah menulis huruf Dan beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan siswa kelas 1 SD Negeri Cibone 6 dalam kesultian menulis adalah a. Minat belajar menulis yang kurang b. Pemilihan Media, metode dan suasana belajar yang kurang menarik c. Dukungan keluarga yang masih kurang d. Sarana dan prasanan yang kurang mendukung
Copyrights © 2022