Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu

Rita Maria Cusnindah Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu sebagai kelas eksperimen menggunakan model CIRC berjumlah 25 siswa dan siswa kelas IV SDN 091254 Batu Onom sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kels IV SDN 097319 dan kelas IV SDN 091254 Batu Onom menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema 3 ayo cintai lingkungan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 83,3 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...