Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Kelas IV SDN 122345 Pematang Siantar

Fitria Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan rendah nya hasil belajar tematik siswa di SD N 122345 Pematang siantar, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang masih tergolong rendah atau dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Hasil perhitungan dengan SPSS versi 21 menggunakan memperoleh hasil hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Dari hasil uji normalitas data eksperimen diperoleh nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov Z kelas eksperimen adalah 0,027 dan untuk kelas kontrol nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov Z kelas kontrol adalah 0,096 yang artinya berdistribusi normalitas. uji homogenitas, diperoleh nilai signifikan 0,0634 yang artinya homogen. Hasil dari uji independent samples test Hasil dari uji independent samples test dilihat bahwa thitung> ttabel yang dimana ttabel sebesar 15,557 karena df (n-2) maka jumlahnya 44, sehingga ttabel dari 44 yaitu 2,015. Sehingga dperoleh 15,557 > 2,015. Ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual teaching learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku ha diterima dan h0 ditolak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...