Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

The Influence Of Computational Thinking, Digital Literacy, And Self-Efficacy On The Use Of Moocs For Teachers

Halley Kuncoro (Universitas Pelita Harapan)
Pujianto Yugopuspito (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Penggunaan media teknologi dalam dunia pendidikan sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Media teknologi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tentunya memiliki berbagai manfaat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah teknologi media khususnya dalam penggunaan MOOCs memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir komputasional, literasi digital, dan efikasi diri guru. Subyek penelitian adalah 99 orang guru yang aktif dalam komunitas Pengajar Belajar yang memiliki MOOC bernama “KELAS by Pengajar Belajar”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Spearman's Rho dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir komputasional, literasi digital, dan efikasi diri guru berpengaruh terhadap penggunaan MOOCs.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...