Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar

Diyah Fatma Wulandari (Universitas Kristen Satya Wacana)
Endang Indarini (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan produk bahan ajar cerita rakyat “Asal Usul Desa Tengaran”. Menggunakan metode Pengembangan Research and Development, desain ADDIE yang terdiri dari 5: 1. Tahap Analisis; 2. Tahap desain; 3. Tahap pengembangan; 4. Tahap Implementasi; 5. Tahap Evaluasi. Analisis data: wawancara, angket validasi bahan ajaran Memperoleh nilai 4,2, materi 4,47, pembelajaran 4,5 jadi produk yang di kembangkan valid. Setelah produk di ujikan ke pakar di lakukan uji soal menggunakan IBM SPSS 24 for Windows. Soal valid kemudian di ujikan sebelum pembelajaran atau pretets, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan bahan ajar yang telah di kembangkan, setelah pembelajaran selesai diberikan tes atau posttest. Hasilnya di uji paired samples test menujukkan Sig (2-tailed) sama dengan 0.000 ? 0,05 atau evektifan. Angket repon guru memperoleh 4,73, siswa 4,41 jadi produk efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...