Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar

Indri Resti Fadilla (Universitas Negeri Padang)
Anissa Bella (Universitas Negeri Padang)
Uke Khairunnisa (Universitas Negeri Padang)
YunindaTria Ningsih (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimental. Subjek pada penelitian ini adalah berjumlah tiga orang. Subjek adalah anak kelas V SD Xaverius Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa setelah dilakukan perlakuan beberapa kali ada peningkatan antara nilai saat prestes dan nilai sesudah diberikan perlakuan kepada subjek. Dari hasilnya dinyatakan bahwa nilai pada saat sebelum diberikan perlakuan sebesar 162,5 setelah dilakukan beberapa kali perlakuan kepada subjek terjadinya hasil peningkatan dimana nilainya menjadi naik sebesar 231,25. Hal ini dapat dikatakan bahwa setelah menggunakan metode mind mapping.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...