Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Siswa MA Hasanah Pekanbaru

Artia Br Munthe (Universitas Riau)
Almasdi Syahza (Universitas Riau)
Sri Kartikowati (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal guru dengan siswa dengan prestasi belajar siswa MA Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasional asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sample jenuh atau sensus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel komunikasi interpersonal guru dan nilai ujian akhir semester untuk variabel prestasi belajar. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson product moment. Terdapat hubungan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,346 bertanda positif. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...