Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments

Sandy Salomo Saruan (Universitas Negeri Manado)
Anetha L. F. Tilaar (Manado State University)
Sylvia J. A. Sumarauw (Universitas negeri manado)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Model pembelajaran PIMCA dapat memicu peserta didik untuk mengkonstruksi konsep dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan rata-rata hasil belajar peseta didik pada pembelajaran pemrograman komputer dasar pada materi looping dengan menggunakan model pembelajaran PIMCA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran khususnya embedded design dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan hasil pretest dan posttest peserta didik menunjukkan peningkatan dari 9,58 menjadi 65,38 dari skala 0-100 dan skor n-gain diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 62,13% dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep sebesar 83,86%. Peserta didik masih mengalami kesalahan sintaks pada code yang dibuat pada tugas proyek, namun sebanyak 83,3% subjek penelitian tidak memiliki masalah dalam memahami semantik, oleh karena itu pengajar harus lebih fokus dalam memahami sintaks.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...