Buletin Poltanesa
Vol 23 No 2 (2022): Desember 2022

Faktor Makro Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 2017-2021

Abdul Latif (Manajemen, Universitas Pelita Bangsa)
Dwi Astuti (Manajemen, Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Masalah perekonomian jangka Panjang salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi, belakangan ini pertumbuhan ekonomi menjadi fenomena yang sangat penting yang sedang dialami hampir seluruh dunia. Modern Economic Growth adalah sebutan pada fenomena ekonomi tersebut., Pada awal tahun 2020, Indonesia adalah salah satu yang mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi dunia. Perihal tersebut disebabkan karena wabah yang melanda seluruh Indonesia , yaitu dengan adanya covid-19, dari latar belakang tersebut maka penulis bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB), pengaruh BI rate terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB), dan pengaruh nilai tukar terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB). Metode dalam penelitian termasuk penelitian kausalitas dengan terapan kuantitatif yang bersifat analisis, populasi dalam penelitian ini adalah makro ekonomi yang meliputi inflasi, BI rate, nilai tukar, dan PDB yang diambil dalam bentuk data time series dalam kurun waktu triwulan selama 2017-2021 dengan menggunakan metode sampling jenuh sebanyak 20 sampel. Teknik analisa yang dipakai ialah regresi linier berganda dengan alat ukur statistik spss 25. Hasil dalam penelitian menyimpulkan bahwa inflasi berpengaruh dengan arah negatif pada pertumbuhan ekonomi, BI rate tidak mempengaruhi pada pertumbuhan ekonomi, kurs rupiah terhadap dolar AS tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...