Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan sebagai supervisi pendidikan Islam. Tidak berjalannya program supervisi di Lembaga Pendidikan Islam akan menyebabkan guru atau tenaga pendidik tidak menyadari adanya kesalahan, kekurangan, atau kesulitan dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat studi pustaka (library reseach). Hasil dari penelitian ini bahwa kepemimpinan (kepala sekolah) memiliki peran yang supervisi dalam bentuk evaluasi untuk mengetahui kemampuan guru, sehingga program supervisi dapat menyesuaikan kebutuhan guru. Sehingga tugas kepala sekolah sebagai supervisor memerlukan kepandaian dan ketelitian kepala sekolah dalam menentukan mana yang baik sesuai dengan visi dan misi sekolah agar semakin maju. Kepemimpinan pendidikan pada hakekatnya adalah aktor yang bertanggung jawab terhadap suatu rencana yang kemudian diaplikasikan di sebuah organisasi atau lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan faktor utama dalam proses pendidikan dan output dari pendidikan dapat dikatakan baik dan efektif. Berkembangnya sebuah sekolah atau lembaga pendidikan yang menghasilkan output yang bagus, kinerja guru yang professional, serta prestasi sekolah atau lembaga pendidikan yang membanggakan tentu tidak terlepas dari peran supervisi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022