NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ANALISIS SEMIOTIKA BARTHES PADA BILLBOARD BURGER BROS “MASIH GENTAYANGAN KARENA PEMASARAN”

Aldairasyah Aldairasyah (Universitas Ahmad Dahlan)
Arif Ardy Wibowo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Billboard merupakan media alternatif yang dapat membangun brand dengan eksistensi yang kuat. Sebagai media alternatif periklanan, media iklan billboard memiliki beberapa kualitas khusus yang tidak dimiliki oleh media periklanan lainnya yang dapat memberikan rangsangan langsung kepada masyarakat penonton melalui visual seperti gambar dan warna. Pengemasan iklan tersebut dikemas dengan cara yang unik untuk menarik perhatian konsumen. Pada tampilan visual iklan Billboard tersebut maka pada penelitian ini menganalisis denotasi, konotasi dan mitos agar mengetahui ide pembuatan iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis iklan tersebut menggunakan semiotika Barthes. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi marketing reverse psychology yang membuat bereaksinya terhadap rangsangan dengan bertentangan, agar menimbulkan proses keputusan oleh konsumen dengan akan mengingat iklan tersebut. Iklan ini dibuat untuk kebutuhan pemasaran dengan menggunakan subjek yang tidak biasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...