Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Bantu Diskusi pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Al – Wathan Ambon

Safarin Zurimi (Universitas Darussalam Ambon)
Darwin Darwin (Universitas Darussalam Ambon)
Yati Tuasamu (Universitas Darussalam Ambon)
Yuyun Mayau (Universitas Darussalam Ambon)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matematika siswa kelas XI A keperawatan SMK Al-Wathan. Penelitian ini adalah peneilitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian ini menggunakan tes, lembar kuesioner dan wawancara. Data tentang penggunaan aplikasi google classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matemetika dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa yang sudah sangat efektif dan termasuk dalam kualifikasi sangat baik sebanyak 5 siswa (36%), kualifikasi baik senyak 6 siswa (48%), dan kualifikasi cukup sebanyak 4 siswa (16%). Kemudian Data yang diperoleh dari pemberian kuesrioner dengan jumlah 18 pernyataan dianalisis menggunakan skala likert dengan skor 1 sampai 4. Dengan demikian penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matematika adalah 82.68%. Hal ini termasuk dalam kategori interval sangat setuju dengan nilai 3.26, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa sangat setuju dengan penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media bantu diskusi pada pembelajaran matematika. Selain itu dilihat dari data hasil wawancara yang dilakukan pada guru dan juga siswa sebagai penguatan data dan hasilnya menunjukan respon positif dari guru dan juga siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...