Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Teknik Coaching GROW-ME di SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Askanada Askanada (Sekolah Dasar Negeri 04 Ranah Batahan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Rangkaian langkah penelitian terdiri dari studi pendahuluan, refleksi awal perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengamatan dan nilai tes akhir siklus dari setiap tindakan pembelajaran dengan model GROW-ME pada guru terteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dengan menggunakan teknik Coaching Model GROW ME dalam pembelajaran berorientasi HOTS pada guru SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat terbukti dengan meningkatnya hasil penilaian guru yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemuan I yaitu 74,6 dengan persentase ketuntasan 37,5%. Dan pada pertemuan II nilai yang diperoleh 77,6 dan mencapai ketuntasan 50%. Pada pertemuan 1 siklus II nilai rata-rata kemampuan guru 80,3 dan guru yang dengan persentase 75%. Pada pertemuan ke 2 siklus II dengan nilai rata-rata naik menjadi 83 dengan ketuntasan100%. Hasil peningkatan kompetensi guru sesuai data setiap siklus mengalami peningkatan dengan penerapan teknik Coaching Model GROW ME. Dengan demikian, simpulan penelitian ini adalah teknik coaching Grow-Me dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Berorientasi HOTS pada SDN 04 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...