Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Peningkatan Motivasi Kerja dengan menggunakan Metode Diskusi di SDN 18 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Haldi Haldi (Sekolah Dasar Negeri 18 Ranah Batahan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Fenomena dilapangan ditemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan motivasi kerja guru dimana, guru kurang bersemangat dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Upaya meningkatkan profesionalieme guru melalui peningkatan motivasi kerja guru dengan menggunakan metodediskusi di Sekolah Kecamatan Ranah Batahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Lokasi Penelitian adalah di SDN SDN 18 Ranah Batahan dan waktu penelitian pada bulan April s/d bulan Mei 2021. Yang menjadi subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru yang ada di SDN 18 Ranah Batahan yang berjumlah sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian lembar observasi selama proses tindakan penelitian oleh supervisor sehingga akan diperoleh data kualitatif sebagai hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam kegiatan proses pembelajaran data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil temuan siklus I diperoleh rata-rata keberhasil dalam meningkatan motivasi guru dalampem belajaran baru mencapai 70,65%, karena belum berhasil guru pada siklus I dilanjutkan pada siklus II, pada siklusII ini dengan menggunakan metode diskusi kelompok motivasi guru meningkat menjadi 81,12% . karena hasil temua sudah sesuai dengan apa yang diharapkan maka penelitian dihentikan pada siklus II

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...