Fenomena dilapangan ditemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan motivasi kerja guru dimana, guru kurang bersemangat dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Upaya meningkatkan profesionalieme guru melalui peningkatan motivasi kerja guru dengan menggunakan metodediskusi di Sekolah Kecamatan Ranah Batahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Lokasi Penelitian adalah di SDN SDN 18 Ranah Batahan dan waktu penelitian pada bulan April s/d bulan Mei 2021. Yang menjadi subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru yang ada di SDN 18 Ranah Batahan yang berjumlah sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian lembar observasi selama proses tindakan penelitian oleh supervisor sehingga akan diperoleh data kualitatif sebagai hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam kegiatan proses pembelajaran data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil temuan siklus I diperoleh rata-rata keberhasil dalam meningkatan motivasi guru dalampem belajaran baru mencapai 70,65%, karena belum berhasil guru pada siklus I dilanjutkan pada siklus II, pada siklusII ini dengan menggunakan metode diskusi kelompok motivasi guru meningkat menjadi 81,12% . karena hasil temua sudah sesuai dengan apa yang diharapkan maka penelitian dihentikan pada siklus II
Copyrights © 2022