Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Fisika Berbasis E-Learning Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Listrik Dan Magnet

Erni Kusrini Sitinjak (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument hasil belajar Fisika berbasis e-learning menggunakan aplikasi wondershare quiz creator. Intrumen yang digunakan pada panelitian ini adalah intrumen tes berupa soal dan non tes berupa angket yang terlebih dahulu di validasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh rata – rata skor respon mahasiswa terhadap aplikasi yang digunakan dan hasil belajar pada uji coba lapangan awal sebesar 86,29 dan 81,25. Hasil ini menunjukkan aplikasi dan soal yang diberikan layak untuk dilanjutkan untuk uji coba lapangan utama. Hasil uji coba lapngan utama terhadap 15 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Listrik dan Magnet diperoleh persentase respon mahasiswa sebesar 86,29% dan persentase ketuntasan sebesar 93,33%. Sehingga pengembangan instrument hasil belajar berbasis e-learning menggunakan aplikasi wondershare Quiz Creator ini valid dan layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...