Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

Shabrina Dianita (SDN Krembangan Selatan X)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn melalui penerapan model PBM; dan (2) Mendeskripsikan penerapan model PBM dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn. Penelitian ini menggunakan jenis PTK yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan (1) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn melalui penerapan model PBM. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan persentase 77,1% ke siklus II dengan persentase 88,6%; dan (2) Penerapan model PBM dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi PPKn terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya penerapan model PBM dari siklus I dengan persentase 76% ke siklus II dengan persentase 90%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...