Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Upaya Menumbuhkan Keberanian Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Pedes Karawang untuk Mengajukan Pertanyaan dan Mengemukakan Gagasan pada Materi Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial melalui Model Pembelajaran Think Pair And Share

Atik Widiyanti (Guru SMPN 1 Pedes Kabupaten Karawang)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2022

Abstract

Upaya menumbuhkan keberanian siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pedes Karawang untuk mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan pada materi bentuk-bentuk interaksi sosial melalui model pembelajaran Think Pair and Share. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Karawang: SMP Negeri 1 Pedes September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan pada materi permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja melalui model pembelajaran Think Pair and Share di SMP Negeri 1 Pedes Karawang. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMPN 1 Pedes Karawang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang persiklus terdiri atas dua tatap muka. Siklus ke-1 dilaksanakan tanggal 04 September 2018 sampai dengan 06 September 2018, dan siklus ke-2 dilaksanakan tanggal 13 September 2018 sampai dengan 18 September 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan atau observasi dengan menggunakan instrumen: (1) observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung; (2) angket tentang tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Pengolahan data dilakukan untuk mengetahui keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan dengan menggunakan rubrik (lembar observasi) dan angket respon siswa dengan menggunakan skala likers. Pada siklus ke-1 menunjukan keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan masih rendah hanya 42% atau hanya 14 siswa dari 32 siswa, dan 46% siswa belum dapat memahami permasalahan yang diajukan serta baru 45% siswa yang dapat menyelesaikan masalah. Dan pada siklus ke-2 terjadi peningkatan siswa mulai menunjukan keberanian dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan dari ke 32 siswa, 24 siswa telah menunjukan keberaniannya atau sekitar 75% siswa telah berani mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasannya, serta 77% siswa telah memahami materi permasalahan angkatan kerja dan tenaga dan dapat menyelesaikan 75% masalah dengan benar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...