Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa yang diberi Model Cooperative Type Make A Match dengan yang diberikan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan bentuk desain mengunakan bentuk desain Nonequivalent control group design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Perumnas 1 yang berjumlah 54 siswa terdiri dari 28 siswa kelas IV A dan 26 siswa kelas IV B . kelas IV A dijadikan kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas ekperimen, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pretest dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,41 dan ttabel = 2,007, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas dan kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dari pada menggunakan metode konvensional.
Copyrights © 2022