Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Menggunakan Model Kooperative Learning Tipe Numbered Head Together(Nht) Dikelas IV

Didi Syahrir (Universitas Negeri Padang)
Darmansyah Darmansyah (Universitas Negeri Padang)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Kooperative Learning tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 15 Patamuan. Kontribusi dalam penelitian sebagai bukti ketepatan dalam memilih model pembelajaran di sekolah. Metode Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Patamuan, subjek penelitian penulis adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Patamuan yang terdaftar pada TP 2022/2023 semester Ganjil berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Waktu untuk melakukan penelitian pada tahun ajaran 2022/2023 yaitu pada bulan Juli-Desember 2022, yang dilakukan selama 6 bulan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan laporan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada disain PTK yang dirumuskan Suharsimi Arikunto (2007:16) yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Berawal dari permasalahan bahwa : Guru sering kali mengajarkan pelajaran dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab sehingga siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru yang bersifat aktif sedangkan siswa pasif, karena belajar siswa lebih banyak bersifat individual akhirnya nilai siswa banyak dibawah KKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...