Gagasan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi tentang pentingnya keterampilan mengajar mahasiswa PPL Prodi Tadris Biologi UINSU Medan. Artikel konsep ini disusun berdasarkan hasil observasi ke salah satu sekolah tempat Mahasiswa melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), wawancara dengan salah seorang guru pamong, dan study pustaka mengenai kajian konsep keterampilan dasar dalam mengajar biologi di tingkat MA. Berdasarkan pembahasan isi artikel ini maka disimpulkan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa PPL Tadris Biologi UINSU Medan dapat dikatakan telah teraplikasikan apabila sebagian besar keterampilan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh mahasiswa PPL, mulai dari membuka dan menutup pelajaran hingga mengajar didalam kelas. Sehingga disarankan penulis sebagai bahan pertimbangan ke depan, yaitu kepada mahasiswa yang hendak melaksanakan PPL sebaiknya meningkatkan kemampuan dalam memahami keterampilan dasar mengajar. Mahasiswa sebaiknya mempersiapkan diri baik fisik, psikis dan materi agar tidak kesulitan saat mengajar di depan kelas dan membiasakan diri untuk berinteraksi dengan baik, dosen-dosen Tadris Biologi hendaknya memperkaya ilmu pengetahuan mahasiswa dalam memahami Biologi dasar atau lebih berkaitan dengan materi tingkat MA, dan kepada guru pamong sebaiknya memberikan nilai yang objektif kepada mahasiswa sesuai dengan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022